Modul Belajar Linux Ubuntu Server 16 dari nol

15.33
Om Suastyastu,

Baiklah disini kawan-kawan berjumpa dengan saya si blogger pemalas yang enggak konsisten, yang memberikan kabar baik bahwa saya akan membagikan laporan pratikum yang saya buat saat saya belajar tentang Linux Server khususnya Ubuntu di mata kuliah sistem operasi.


Mungkin ini dapat membantu kalian untuk mendalami tentang Linux server khususnya turunan Debian karena kalo turunan Red Hat sudah agak berbeda konfigurasinya wkwkwk. Simpelnya dalam laporan yang saya buat merupakan hasil percobaan atau penelitian dan hasil dari pelajaran saya di kampus yang pastinya sudah saya coba dan berhasil dan mungkin masih banyak kekurangan dalam laporan tersebut karena dibuat dengan sistem kebut semalam wkwkwk biasa anak teladan.

Disini juga berisi modul dasar CLI Linux yang saya pelajari di Cisco Networking Academy pada Linux Esential lumayan berguna bagi kawan-kawan yang mau jadi admin server Linux.



Namun, dalam laporan itu telah diberikan landasan teorinya dan sudah diberikan screen shoot hasil pratikumnya sehingga kalian tidak perlu bingung dalam mempelajari, baiklah inilan laporan yang saya buat :

Modul dasar CLI Linux :


1. Membuat mesin virtual dengan aplikasi Virtualbox

2. Cara installasi Linux Ubuntu di Oracle Virtualbox dan cara installasi Web Server di Linux

3. Bekerja Dengan File dan Direktori, Archive dan Compress, Pipes, Redirection, And REGEX Di Command Line Linux 

4. Kumpulan Perintah-Perintah CLI Linux 

5. Perintah CLI Linux Dalam Configuration Network, System and User Security

6. Membuat User dan Grup Serta Mengatur Ownerships dan Permission File di Linux 

7. Membuat Bootable Linux BlankOn 10.0 Tambora untuk Live USB dengan Rufus


Modul Linux Ubuntu Server :


8. Cara Installasi Linux Ubuntu Server 16.04

9. Cara Installasi dan Konfigurasi SSH Server dan Web Server Pada Ubuntu Server 16.04

10. Cara Installasi dan Konfigurasi Database Server Pada Ubuntu Server 16.04

11. Cara Installasi dan Konfigurasi FTP Server, CMS Wordpress dan CMS Joomla Pada Ubuntu Server 16.04

12. Cara Installasi dan Konfigurasi DNS Server dan VirtualHost Pada Ubuntu Server 16.04

13. Cara Installasi dan Konfigurasi Mail Server Pada Ubuntu Server 16.04


Sekian postingan kali ini jika ada kesalahan saya mohon maap ya kawan-kawan. Salam BLOGGER!!! dan buanglah rasa malas mu dan terus berbagi kebaikan.



Om Santi, Santi, Santi Om.

Previous
Next Post »

4 komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...