Cara Input dan Output Data di Python

12.10
Om Suastyastu,

Berjumpa lagi dengan saya disini dan disini saya akan memutuskan untuk belajar bahasa pemrograman Python yang merupakan bahasa pemrograman yang mudah dibaca dan mudah dimengerti karena penulisannya sangat simplee katanya wkwkwk.

Tidak lupa bahwa file Python bereksistensi atau berformat .py dan disini saya menggunakan Python versi 3.X.x kalau tidak salah, oke langsung saja kita akan membahas target kita pada project pertama yaitu cara input dan output di bahasa pemrograman Python.

Yang harus kalian tahu yaitu input merupakan suatu proses memasukan suatu data dan output adalah suatu proses menampilkan suatu data dimana input dan output ini sangat penting dalam suatu program bayangkan saja suatu program tanpa input maka data apa yang akan diproses dalam suatu program wkwkwk. Gila emang kalau program tanpa input dan output.

Suatu program minimal mencangkup 3 proses yaitu input, proses, dan output tanpa ketiga hal tersebut belum dapat disebut program ya kawan wkwkwkwk sok tau banget ni orang wkwkwkwk.

Input dalam Bahasa Pemrograman Python


Input yang digunakan dalam bahasa pemrograman Python versi 3.X.x adalah

input("promt")

promt adalah pesan yang nanti keluar saat program dijalankan dalam proses input data misal
nama=input("Masukan nama anda = ")
nama adalah suatu variable untuk menyimpan data nama
Yang harus kalian tahu disini adalah dengan menggunakan perintah input() maka semua inputan dianggap sebagai string atau karakter nah bagaimana jika kita ingin mengimputkan data numerik??? gampang saja kawan kita tinggal menggunakan perintah konvert yang ada pada Python yaitu:

int() untuk bilangan interger
float() untuk bilangan desimal

misal kita ingin mengimputkan umur dan umur ini bertipe interger maka

umur=int(input("Masukan umur anda = "))

jadi perintah input berada di dalam perintah convert dimana perintah input akan dijalankan terlebih dahulu lalu akan diconvert dengan perintah convert, jadi udah kebayangkan cara input nya maka kita akan lanjut ke perintah output.

Output di Bahasa Pemrograman Python


output yang digunakan dalam bahasa pemrograman Python versi 3.x.x  adalah

print()

untuk memnampilkan tulisan Hello World !!! dapat dilakukan dengan

print("Hello World !!!")

mudah kan tapi kalu kita ingin menampilkan variable kayak mana ya??? caranya yaitu

print(NamaVariable)

Hemmm... kalau menanpilkan variable sama pesan kayakmana??? hahaha banyak maunya ni okelah cara nya dengan menggunakan simbol plus (+) atau bisa juga dengan simbol koma (,) untuk memisahkan dengan pesan,  tapi ada perbedaan antara menggunakan tanda (+) dan (,) yaitu tanda (+) hanya digunakan untuk menapilkan string atau lebih tepatnya untuk menambahkan string jadi kita harus mengconvert suatu variable jika ingin menggunakan simbol (+) tapi jika menggunakan simbol koma (,) tidak perlu enggak percaya coba aja deh wkwkwk...  contoh
misal kita punya variable nama dimana nama berisi data "qwerty" dan kita ingin menmpilkannya dengan tulisan "keyboad anda = " maka dilakukan dengan

>>>nama="qwerty"
>>>print("keyboard anda = ",nama)

hasil :keyboard anda =  qwerty

>>>print("keyboard anda = "+nama)


hasil :keyboard anda = qwerty

>>> print("keyboard anda = "+nama+" benar")


hasil : keyboard anda = qwerty benar

>>> print("keyboard anda = ",nama," benar")


hasil :keyboard anda =  qwerty  benar

kalu diperhatikan tidak ada perbedaannya ya wkwkwk saya juga tidak tau perbedaannya jika kalian tau kalian bisa komentar di bawah oke :D, oke hampir sama di basa pemrograman Python peritah print() hanya akan menampilakan data string hemmm... kalau data saya numerik kayak mana dong? it's simple tinggal di convert ke string dengan perintah

str()

bagaimana cara menggunakan perintah str()? baiklah akan saya jelaskan peritah str() degunakan dengan:

str(data) 

:D hahahaha goblok semua juga tau jadi begini caranya menampilkan data numeric di Python contoh
kita punya variable umur=10 dengan tipe data interger akan kita outputkan dengan cara :

>>> umur=10
>>> print("umur saya sekarang "+str(umur)+" tahun")
hasil : umur saya sekarang 10 tahun

====================================================================================
Bagaimana kalo mau Print tanpa convert di Python? gunakan (%d) atau dengan (,)
perhatikan contoh di bawah :

>>> n=10
>>> j=20
>>> print("hasil dari %d x %d = "%(n,j))
hasil dari 10 x 20 = 
>>> print(n)
10
>>> print("Hasil dari "+j)
Traceback (most recent call last):
  File "<pyshell#5>", line 1, in <module>
    print("Hasil dari "+j)
TypeError: Can't convert 'int' object to str implicitly
>>> print("Hasil dari ",j)
Hasil dari  20
>>> 

bisa diliat dari error (tulisan yang berwarna biru) yang terjadi pada perintah yang saya jalankan di Python Shell jika kita menggunkan tanda plus (+) maka kita harus menconvert variable jika tidak bertipe data string tapi, jika menggunakan tanda %d dan koma(,) maka kalian tidak perlu melakukan perintah convert. 

=====================================================================================================

Bagainama kawan sekalian sudah ngerti kan wkwkwk ;C siapa yang ngerti sama penjelasan macam ini wkwkwk... jika masih bingung bisa tanya kok di Goolge atau bisa komentar di bawah sapa tau saya bisa jawab tapi maap aja saya juga baru pemula jadi ayok kita belajar bareng ya !!!
Baiklah sebelum postingan ini semakin anehh saya akan memberikan contoh program sederhana dengan menggunakan perintan input dan output di Python yaitu:

dan hasilnya adalah :


Gimana  udah bisa bleum buat kayak gitu kalau udah kalian udah dianggap menguasai materi ini hemm sebenarnya kemampuan perintah input dan output di Python masih banyak lagi kawan selain mebuat tabulasi dengan \t atau new line dengan \n tapi di postingan kali ini tidak saya bahas karena saya juga belum menguasainya.
Jadi lebih baik saya tampilkan yang sudah saya j=kuasai saja wkwkwkwk. maklum newbie.
Baiklah saya cukupkan postingan kali ini Salam Python sheee.... sheee.... sheee.... dan pastinya salam BLOGGER!!! TETAP BERKARYA KARENA SETIAP KARYAMU SANGAT DIBUTUHKAN...




Om Santi, Santi, Santi Om.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...